09 April 2016

Jurus Jitu Menghafal 50 Vocabulary Perhari

Artikel ini sengaja saya tulis buat kalian yang sedang belajar bahasa asing seperti bahasa: Inggris, Arab, Korea, Jerman, Turki, Sunda, Jawa dan bisa digunakan untuk menghafal semua bahasa yang ada di bunia kecuali bahasa hewan dan bahasa isyarat (saya belum menemukan metode menghafal bahasa hewan dan bahasa isyarat). Mungkin kalian ada yang merasa kesulitan menghafal vocab bahasa asing. Menghafal 5 vocab perhari bisa menyebabkan kepala pusing, hidung misisan, kaki pecah-pecah, dan kulit panuan (stop-stop jangan dilanjutkan).
Namun seculit apa pun menghafal vocab adalah sebuah kewajiban dalam belajar bahasa asing (nah loe kewajiban), lebih gampangnya dicontohkan vocab adalah peluru yang menjadi ujung tombak sebuah senjata, misalkan kalian mau perang melawan ISIS membawa senjata AK-47 lengkap dengan amunisinya kamu bisa menembak musuh sesuka hatimu, begitupun vocab kalau kamu punya hafalan vocab yang banyak kamu bisa ngomong apapun sesuka hatimu.
Kabar gebira khusus buat kalian saya akan mengajarkan sebuah metode ampuh menghafal 50 vocab setiap hari (hah 50 vocab bang?), ya saya serius 50 vocab setiap hari, dalam seminggu kamu bisa menghafal 350 vocab, dalam sebulan kamu hafal 1.500 vocab dalam setahun? kamu hitung aja sendiri!. Ini bukan hipnotis ala Thomas Rafael, juga bukan sihir ala Ki Joko Pintar, dan juga bukan aktivitas ghoib yang melibatkan jin iprit, jin lawang sewu ataupun jin bule sekali pun. Tetapi ini adalah sebuah metode ilmiah berupa menghafal dengan melibatkan otak kanan kalian, selama ini kita sulit menghafal vocab karena hanya menghafal menggunakan otak kiri sementara otak kanan yang mempunyai potensi luar biasa tidak dilibatkan (mulai sekarang kita berikan tugas kepada otak kanan agar hidup terasa adil dan tidak ada yang tersakiti). Kursus Gratis di Pare Kursus Gratis 100% di Kampung Inggris Pare

Sebelum dimulai kamu harus menyiapkan formulanya agar memudahkan kalian mempelajarinya, alat yang dibutuhkan:
  1. Siapkan 1 buah kamus bahasa inggris (disini kita gunakan kamus bahasa inggris dulu, setelah anda bisa boleh gunakan kamus apapun).
  2. Siapkan 1 buah buku tulis dan 1 buah pulpen.
  3.  Siapkan 1 gelas kopi ABC bisa diganti kopi good day atau susu atau apalah terserah selera kalian asal jangan baigon (yang minum juga kamu bukan saya).
  4. Siapkan 2 buah roti atau kacang (kalau mau sambil ngemil, kalau nggak mau yang terserah tidak berpengaruh pada hafalan).

Oke, saya anggap kamu sudah menyiapkan propertinya kita mulai ke pembahasan silabus (asik dikira dosen pada kuliah hari pertama) metode ini terdiri dari dua babak, babak pertama adalah personifikasi selama 45 menit kemudian turun minum dan makan roti selama 15 menit (kalau kamu sudah menyiapkan minuman dan roti kalau nggak ya sudah gimana lagi) dilanjutkan babak kedua imajinasi narasi selama 45 menit. Untuk waktu 45 menit per babak itu hanya tawaran kalaupun kalian mau 10 menit 5 menit terserah saya kan baik hati tidak ada paksaan dalam belajar (cie bijak juga kadang-kadang).
Personifikasi à Coffee break à Narasi.

Babak pertama personifikasi, nih yang nggak tau apa itu personifikasi langsung saja saya kasih contoh : biasanya anak-anak ngasih tebakan “POHON, pohon apa yang tumbuh pada hari lebaran?” temannya jawab “Pohon kurma, pohon anggur, pohon jengkol” namun jawabannya semua salah dan si penanya ngasih tau jawaban yang benar yaitu “MOHON maaf lahir dan batin”. ya personifikasi adalah proses penyamaan bunyi atau bahasa gaulnya adalah pelesetan kata POHON dipelesetkan ke kata MOHON karena mempunyai bunyi kata yang mirip. Contoh kedua BOTOL apa yang ada diatas kasur? jawabanya BANTAL dan guling (nggak mirip ya? udah anggap saja mirip biar cepat!).
Sekarang kita latihan menghafal vocab bahasa inggris, kita latihan 10 kata saja dulu karena kalian masih pemula kalau sudah jago mau 1.000 kata juga terserah. Oke perhatikan baik-baik, duduk santai, jangan tertidur, tulis kata-kata dibawah ini:
  1. Piring               : Plate
  2. Rumah             : House
  3. Bermimpi        : Dream
  4. Mobil               : Car
  5. Cinta                : Love 
  6. Menulis           : Write 
  7. Kejam              : Cruel
  8. Batu                 : Stone
  9. Meja                : Table
  10. Botol                : bottle

Sekarang kita cari kata plesetanya dari bahasa inggris diatas, disini kamu harus kreatif cari kata apa saja yang mirip dan mudah kamu ingat, walaupun plesetannya terdengar aneh tidak masalah makin unik makin mudah kamu mengingat. Oke kita mulai bersama.
  1. Kata “PLATE” kita cari yang mirip di bahasa Indonesia disini saya nemu yang agak dekat adalah “PELIT”.
  2. Kata “HOUSE” sepertinya mirip dengan kata “HAUS”.
  3. Kata “DREAM” pelesetkan ke kata “DRUM”.
  4. Kata “CAR” kata apa ya yang mirip? kita pake aja “CAKAR” lumayan dekat lah
  5. Kata “LOVE” kita samakan aja dengan “LAP” bukan karena saya orang sunda pake P biar mudah aja kalian belajarnya.
  6. Kata “WRITE” bagaimana kalau kita sandingkan dengan kata “WORTEL” ya masih ada kemiripan lah sedikit-sedikit.
  7. Kata “CRUEL” agak sulit nih mencarinya, kitacoba samakan dengan “KELAR” walaupun berjauhan semoga saja bisa dipersatukan dimasa depan dipenuhi kebahagiaan (cie romantis). 
  8. Kata “STONE” nah ini gampang kita samakan dengan “SETAN
  9. Kata “TABLE” samakan aja dengan kata “TEBAL
  10. Terakhir kata “BOTTLE” ini sudah mirip dengan bunyi artinya “BOTOL” jadi tidak usah mencari yang lain, cukup sayangi pasanganmu yang sudah sah.
Priitt peluit 45 menit babak pertama telah berbunyi, silahkan kamu makan dan minum sepusanya sesuai persediaan makanan dan minumanmu. Saya beri waktu 15 menit tapi kalau makanan sudah habis walaupun baru 2 menit ayo kita lanjutkan babak ke 2 jangan buang waktu kata Bu Le dan Pak Le time is monkey waktu adalah monyet, cuih-cuih (ngeludah) maksudnya time is money waktu adalah uang (pengaruh pelesetan masih nempel di lidah). 10 Kunci Sukses Belajar Bahsa Inggris Otodidak

Babak kedua imajinasi narasi atau bahasa mudahnya dongeng ajaib, kamu harus membuat cerita pendek atau dongeng ajaib dengan menggunakan vocab diatas, dongengnya harus heboh keren seolah-olah terbayang dalam dunia kalian walaupun beersifat fantasi.  Kita kembali ke vocab yang diatas lengkap bersama pelesetannya:

  1. Piring               : Plate / Pelit
  2. Rumah             : House / Haus
  3. Bermimpi        : Dream / Drum
  4. Mobil               : Car / Cakar
  5. Cinta                : Love / Lap
  6. Menulis           : Write / Wortel   
  7. Kejam              : Cruel / Kelar
  8. Batu                 : Stone / Setan
  9. Meja                : Table / Tebal
  10. Botol                : bottle / Botol
Oke adik-adiku dengarkan cerita ini baik-baik! Pada jaman dahulu kala negara Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, mereka merampok kekayaan alam kita. Gaya penjajahan Belanda sangat berbeda dengan penjajahan yang dilakukan oleh Inggris dimana Negara jajahan inggris terlihat lebih maju pada saat ini karena Inggris tidak hanya menjajah tapi juga membangun pendidikan menyelenggarakan sekolah-sekolah dan tentunya menularkan bahasa Inggris kepada korban jajahannya. Korban jajahan belanda sungguh menderita hampir tak ada kebaikan yang dirasakan, sekolah dilarang (kecuali hartawan dan antek-anteknya), bahasa inggris tidak diajarkan dan kini kita kesulitan belajar bahasa inggris, kesulitan menghafal vocab tapi kalian masih beruntung telah membaca artikel ini sebagai solusi hafal vocab 50 perhari.
Ups maaf-maaf salah puter audio judul ceritanya jadi berbeda, oke sekarang cerita sungguhan, let’s go:
Epesode 1  PIRING / PLATE / PELIT
Pada suatu pagi Andre teman sekosanku membeli roti satu PIRING penuh, aku harus segera pergi ke kampus dan tidak lagi sempat membeli sarapan akhirnya aku meminta rotinya Andre namun dia malah menghinaku didepan semua teman kosan disitulah aku mulai tau kalau andre adalah anak yang PELIT.
Ya dalam cerita diatas sudah ada kata PIRING dan kata PELIT (PLATE) maka PIRING = PELIT / PLATE.

Epesode 2 RUMAH / HOUSE / HAUS
Diperjalanan pulang dari kampus aku merasa sangat HAUS, aku mapir di warung untuk membeli minum, setelah minum hilanglah HAUSku ketika aku mau bayar aku baru sadar dompetku tertinggal di RUMAH akhirnya aku membayarnya dengan jam tangan kesayanganku. (RUMAH = HOUSE / HAUS)

Eposode 3 BERMIMPI / DREAM / DRUM
Para pekerja minyak kelelahan mereka tertidur diatas DRUM sampai BERMIMPI padahal di siang bolong. (BERMIMPI = DREAM / DRUM)

Epesode 4 MOBIL / CAR / CAKAR
Ptrick menggoda cowek cantik yang sedang mengendarai MOBIL mewah kemudian cewek itu turun dan menCAKAR Patrick sampai berdarah, Patrick pun menangis dan curhat ke kawan baikya Spongebob. (MOBIL = CAR / CAKAR)

Epesode 5 CINTA / LOVE / LAP
Dipagi buta sebuah LAP membersihkan piring dengan teliti, datanglah sebuah gelas dan bertanya hey LAP kenapa kamu hanya membersihkan piring tidak membersihkan aku? LAP menjawab karena aku CINTA pada piring bukan padamu. Si gelas pun prustasi dan bunuh diri dan gentayangan untuk menuntut balas (sedih sekali cerianya). (CINTA = LOVE / LAP)

Mari kita adakan ujian dulu untuk lima vocab diatas, kalian langsung jawab sambil mengingat cerita dan pelesetannya:
1.      Piring               :………………………………
2.      Rumah             :………………………………
3.      Bermimpi        :………………………………
4.      Mobil               :………………………………
5.      Cinta                :………………………………
Kalian bisa dengan mudah menjawabnya bukan? oke, selamat deh buat kalian. Selamat menempuh hidup baru semoga makin sukses.
Epesode 6 – 10 kamu lanjutkan sendiri ya saya sudah capek nulis, buatlah pelesetan dan cerita yang unik yang mudah kamu ingat, semakin aneh pelesetan dan ceritanya semakin bagus. Kamu akan bisa menghafal sampai 50 vocab bahkan lebih setiap harinya. Percaya atau tidak silahkan terus dilatih kamu pasti bisa selama mau berusaha dan kreatif.
Inilah resep dari saya, silahkan diperaktikan dan jangan lupa diajarkan. Ilmu milik Allah yang apabila dibagikan akan bertambah (edisi pesan islami).

Ohya ada PR buat 50 vocab bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pelesetan dan cerita dongeng ajaibnya. bisahkan sepuluh-sepuluh supaya tidak setres, besok pagi kumpulkan di meja saya. Dan ingat yang tidak mengerjakan tugas tidak naik kelas. SELAMAT BERKARYA.

4 comments:

  1. kocak akhi ilmunya mantap.. trarengkyu.. (termasuk plesetan kan)

    ReplyDelete
  2. ssalamu'alaikum warohmatullahi.wabarakatu...
    saya nasrul dari Kota Banjarmasin salam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat saya Tki dan Tkw.
    cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata.
    kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang,Tki di malaysia jadi tki
    yg gajinya'tidak mencukupi keluarga dikampun jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2
    buka facebook dan tidak disengaja'saya melihat.komentar orang tentan.mbah sumanto.dan katanya bisa membantu
    orang untuk memberikan'nomor toto podi 4d yg di berikan oleh mbah sumanto betul dan Benar2 jackpot dan kebetulan
    juga saya sering pasang.nomor toto 6d dan magnum 4d di ,akhirnya saya coba untuk menhubungi.mbah sumanto dan,
    Alhamdulillah,beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto dan magnum 4D, diberikan mbah sumanto memang
    betul2 terbukti jackpot 100%. dan saya sangat bersyukur berkat bantuan'mbah sumanto kini saya bisa pulang ke
    INDONESIA untuk melunasi semua hutang2 saya dan buka usaha sendiri.mungkin'saya tidak bisa.membalas budi
    baik.mbah sumanto sekali lagi makasih Banyak,mbah dan bagi teman2 yg menjadi TKI atau TKW seperti saya,bila butuh
    bantuan Hub.mbah sumanto di No Tlpn 085313331069 atau (+62853-1333-1069) insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar
    benar kisah nyata dari saya Ngatemi feriy iraan tki malaysia...Semoga barmanfa'at'kpd sahaat-sahabat yang
    membutuhkan Insya Allah,jangan ragu jangan takut sudah terbukti banyak.orang yang sukses.kalau mau bukti hubungi sekarang..

    ReplyDelete
  3. Ribet malah menurutku,mndng kaya orang jepang.Dibuat catatan kecil dan dihafalin perhari brp

    ReplyDelete