03 March 2017

Rahasia Meraih IPK 4

Mendapatkan IPK (Indek Prestasi Komulatif) 4 alias sempurna 100% adalah impian setiap mahasiswa, mendapatkan IPK 4 sebetulnya tidak hanya milik mahasiswi pintar saja tapi bisa didapatkan oleh setiap mahasiswa asalkan tau trik-trik dan rahasianya.

Berikut kami paparkan rahasia bagaimana cara cerdas mendapatkan IPK 4, cara ini bisa dilakukan siapa saja tidak dikhususkan untuk yang ber IQ tinggi. mari kita bahas.
  1. Duduk di kursi paling depan, mungkin anda belum menyadari jika duduk di barisan paling depan banyak sisi positif yang didapat yaitu: pertama fokus, anda tidak akan bisa ngobrol bercanda sama teman sehingga bisa menyerap pelajaran secara sempurna; kedua tidak mudah ngantuk, karena posisi paling depan tidak ada tameng penghalang antara anda dengan dosen maka anda bisa menyerap pelajaran dari awal hingga akhir perkuliahan; ketiga dapat perhatian khusus dari dosen, jika anda berada paling depan pastinya dosen akan memandang anda setiap pertemuan maka dosen akan lebih mengenal anda dibanding teman yang berada dibelakang dan sudah bisa dipastikan dosen akan memberikan nilai yang lebih kepada mahasiswa yang akrab dengannya; terakhir mendapatkan tugas tambahan, biasanya dosen banyak meminta bantuan atau memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang duduk didepan misalkan tolong hapus papan tulis, tolong nyalakan infokus, tolong dibaca paragrap pertama, atau ditanya apa pengertian tentang ini? bagaimana pendapat anda tentang ini?. nah jika anda sudah sering memperoleh tugas tambahan ini dipastikan mendapatkan nilai yang lebih istimewa.
  2. Rajin bertanya, jika anda rajin bertanya maka anda mendapatkan beberapa keuntungan yaitu: pertama dosen suka mahasiswa yang aktif jika bertanya merasa pelajarannya diperhatikan, kedua dosen menganggap kita pintar jika bertanya sama saja memahami alur pembahasan, ketiga kita akan lebih cepat mengerti pelajaran jika aktif bertanya.
  3. Membaca materi sebelum masuk, biasanya diawal pertemuan dosen akan memberikan kontrak kuliah berupa musyawarah peraturan perkuliahan, perkenalan, dan penjelasan silabus materi yang akan dipelajari selama satu semester kedepan. Maka ini kesempatan terbaik bagi anda untuk mengetahui tema bahasan sehingga anda bisa membaca materi yang akan dibahas anda bisa membaca di internet, perpustakaan meminta materi dari kakak kelas dan sebagainya. Jika anda sudah memahami materi sebelum masuk kelas maka anda tidak akan kesulitan memahami materi di kelas dan bisa lebih aktif berdiskusi.
  4. Kerjakan tugas tepat waktu, banyak dosen yang memberikan tugas mingguan ataupun smesteran maka anda kerjakan setiap tugas yang diberikan secara tepat waktu agar kemampuan dan tanggungjawab anda terjui serta dosen memberikan nilai yang terbaik. Tidak sedikit dosen yang meberikan komposisi nilai besar dari tugas.
  5. Buat resume materi dikelas, jika sudah balik ke rumah atau kost maka anda sebaiknya membuat resume / rangkuman materi yang diterima dikelas agar anda lebih memahami materi dan bisa mengingatnya dalam waktu yang lama serta untuk bahan bacaan saat ujian. Lebih baik lagi jika anda meresume pelajaran dipublikasikan di blog atau media sosial lain agar manfaat pelajaran yang anda terima juga menular pada orang lain.
  6. Belajar kelompok, dengan belajar kelompok anda akan sempurna memahami materi karena anda bisa bertukar pelajaran dengan teman yang lebih memahami materi, ketaahuilan akan selalu ada mahasiswa yang ahli pada mata kuliah tertentu maka anda bisa meyerap ilmunya dari teman yang lebih ahli.
  7. Melakukan pendekatan personal pada dosen, hubungan emosional dengan dosen akan menentukan nilai mata kuliah anda. Jika dosen sudah suka pada karakter anda dosen tidak tanggung memberikan nilai A dan sebaliknya jika dosen sudah kesal sama anda bisa jadi nilai D yang anda peroleh. Pendekatan yang bisa anda lakukan yaitu: meminjam bukunya untuk dibaca biasanya dosen senang jika kita mengikuti selera bacaannya, menyapanya di luar kelas termasuk di sosial media, mengkutif perkataannya jika presentasi dan masih banyak cara lainnya.

No comments:

Post a Comment